BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam suatu
pendidikan akan dapat berjalan dengan maksimal apabila semua unsur-unsurnya
saling mendukung. Unsur-unsur tersebut antara lain seperti kurikulim, pendidik,
peserta didik, sarana dan prasarananya. Dalam hal ini penulis akan membahas
nengenai kesiswaan.
Karena
majemen kesiswaan merupakan suatu hal yang sangat penting guna pencapaian
tujuan pendidikan di sekolah, sehingga memerlukan perhatian dan penanganan yang
serius dari sekolah yang bersangkutan.
Dalam
nanejemen kesiswaan ini banyak sekali bahasannya antara lain mulai dari
perekrutan siawa baru, seleksi siawa baru, Masa Orientasi Siswa(MOS),
pengelompokan kelas, OSIS, bimbingan dan konseling, dan kenaikan kelas.
B. Teknik Pengumpulan Data Informasi
Untuk menggali
data ini penulis menggunakan beberapa metode, yaitu:
- Metode Observasi
Melakukan
pengamatan langsung terhadap kondisi kesiswaan yang ada di MTsN Tanjungtani.
- Metode Interview
Melakukan
wawancara langsung kepada waka kesiswaan MTsN Tanjungtani, mengenai hal-hal
yang berkaitan dengan kesiswaan.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Sebelum kita
membahas lebih dalam tentang administrasi kesiswaan kita harus tau dengan pasti
apa yang di maksud dengan administrasi kesiswaan yang sebenarnya.
Administrasi
kesiswaan adalah merupakan suatu penataan atau pengaturan segala aktivitas yang
berkaitan dengan siawa yaitu mulai dari masuknya siswa sampai dengan keluarnya
siswa tersebut dari suatu sekolah atau suatu lembaga pendidikan. Dapat
dijelaskan juga bahwa manadjemen adalah merupakan suatu proses penerimaan siswa
mulai dari dari lulus untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan
efisien.
B. Hasil observasi lapngan
Berdasarkan
hasil observasi dan interview yang dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2009,
data yang saya peroleh tentang bagaimana kondisi kesiswaan yang ada di MTsN
Tanjungtani, antara lain sebagai berikut:
- Rekruitmen.
Rekruitmen adalah
proses perekrutan siswa dengan berbagai cara agar mendapatkan siswa yang banyak
untuk diseleksi yang memenuhi standart lembaga tersebut. Ada beberapa metode
yang digunakan oleh MTsN Tanjungtani dalam perekrutan siswa baru antara lain:
a. Membagikan brosur ke sekolah-sekolah.
b. Memasang sepanduk.
c. Sosialisasi langsung, dan
d. Melalui radio.
- Seleksi
Seleksi adalah
suatu proses pemilihan atau penyatingan yang diadakan oleh pihak sekolah
terhadap para calon siswa baru agar nendapatkan atau memperoleh siswa dengan
nilai yang baik. Seleksi dapat dilaksakan melalui test tulis, wawancara ataupun
praktek.
Untuk penyeleksian
penerimaan siswa baru di MTsN Tanjungtani dilakukan melalui 2 jalur, yaitu
unggulan dan regular.
a. Unggulan
Untuk jalur
unggulan ini penerimaan siswa dilihat dari nilai danun murni dan juga dilihat
dari nilai akademis di sekolah asalnya yaitu nilai siswa mulai dari kelas 4
sampai kelas 6 minimal mendapatkan peringkat 1-3. untuk jalur unggulan ini
hanya diambil 1 kelas.
b. Regular
Untuk jalur reguler
ini, seleksi dilakukan dengan 2 cara, yaitu:
1. Dilihat dari danun murni
2. Test, yaitu meliputi test tulis/test ilmu
pengetahuan dan test lisan/membaca Al-Qur’an.
Sedangkan
untuk jalur reguler ini hanya di ambil 7 kelas.
- Masa Orientasi Siswa (MOS)
Masa orientasi
siswa (MOS) adalah pengenalan kepada siswa baru tentang hal-hal yang berkaitan
dengan sekolah agar siswa mengenali dan memahami lembaga sekolahnya.
Di MTsN
Tanjungtani masa orientasi siswa(MOS) di adakan selama 3 hari. Kegiatan ini
dilaksanakan oleh panitia-panitia yang dibentuk oleh pihak sekolah sendiri. Dan
bagi semua siswa baru diwajibkan untuk mengikuti kegiatan MOS tersebut. Dalam
kegiatan ini siswa diberikan wawasan tentang sekolah barunya agar mereka
benar-benar memahami tentang sekolahnya yang sekarang.
Hal-hal yang
diperkenalkan kepada siswa baru pada saat MOS, antara lain:
a. Memperkenalkan guru dan pimpinan.
b. Memperkenalkan
setaf-setaf.
c. Memperkenalkan semua pengurus OSIS.
d. Menjelaskan peraturan dan tata tertib
sekolah.
e. Menjelaskan tentang fasilitas yang ada
disekolah.
f. Menjelaskan visi dan misi sekolah.
Adapun tujuan
diadakannya MOS di MTsN Tanjungtani adalah diharapkan siswa baru dapat mengenal
lingkungan sekolah sehingga mereka memiliki rasa mencintai dan bangga dengan
sekolahnya,dan dapat menjunjung tinggi dan membawa nama baik almamater
dimanapun mereka berada.
- Visi, Misi, dan Tujuan
a. Visi MTsN Tanjungtani adalah “Islami,
Inggul, Berprestasi dan Berakhlaqul Karimah”(Islamic, Exelent, Smart, and Good
Character)
b. Misi MTsN Tanjungtani adalah
-
Menciptakan
lembaga pendidikan yang islami dan berkualitas.
-
Meningkatkan
profesionalisme dan keteladanan dalam menciptakan lingkungan yang kondusif.
-
Mengoptimalkan
sarana dan prasarana.
-
Mengoptimalkan
layanan peserta didik dalam upaya mengantarkan pendidik kejenjeng lebih tinggi.
c. Tujuan sekolah adalah “Mencetak alumnus
beriman, berakhlaq, bertaqwa, mulia, berprestasi, mampu bersaing yang lebih
tinggi dan aktif serta kreatif dalam lingkungan hidup di tengah-tengah
masyarakat.
- Jumlah Siswa
Untuk mengetahui
jumlah siswa di MTsN Tanjungtani dapat kita lihat dan kita hitung dari jumlah
kelasnya. Untuk kelas 1 berjumlah 7 kelas yang terdiri dari kelas A sampai
kelas F, itupun termasuk kelas unggulan yang terdiri dari 1 kelas. Untuk kelas
2 berjumlah 9 kelas yang terdiri dari kelas A-kelas I. Sedangkan untuk kelas 3
berjumlah 7 kelas yang terdiri dari kelas A- kelas F.
No
|
siswa
|
Laki-laki
|
Prempuan
|
jumlah
|
1
2
3
|
Kelas 1
Kelas 2
Kelas 3
|
132
181
128
|
172
200
191
|
304
381
314
|
Jumlah
|
999
|
Jadi jumlah
keseluruhan siswa MTaN Tanjungtani sebanyak 999 siswa.
- Pengelompokan Kelas.
Pengelompokan
kelas adalah mengatur siswa dalam kelompok-kelompok sesuai dengan kebutuhan
agar proses pembelajaran lebih aktif dan efisien. Pengelompokan kelas biasanya
berdasarkan:
1. Jenis kelamin
2. Minat dan bakat
3. Kecerdasan
Untuk
pengelompokan kelas yang di lakukan MTsN Tanjungtani, sama halnya seperti yang
di awal pada saat seleksi. Untuk kelas unggulan hanya diambil 1 kelas.
Sedangkan untuk reguler pengelompokannya dilakukan melalui sistem acak, tidak
dilihat dari nilai danunnya. Jadi dalam satu kelas akan terdapat anak yang
kecerdasannya tinggi ndan ada yang sedang.
Dalam sistem acak ini juga diperhatikan keseimbangan antara laki-laki
dan perempuan pada tiap kelasnya.
- Osis/Kegiatan Ekstra Kurikuler
Adalah kegiatan
untuk menfasilitasi siswa unuk belajar berorganisasi dan mengembangkan potensi
dan bakat yang dimiliki siswa .
Ekstra kurikuler yang di MTsN Tanjungtani,
antara lain:
1. Olahrga
a. Bola Voli
b. Sepkbola
c. Beladiri
2. Palang Merah Remaja(PMR)
3. Pramuka
4. Seni Musik
5. Drum Band
6. Rebana
7. Seni Baca Qur’an
8. Keputrian
9. Bahasa Inggris
10. Bahasa Arab
11. Meading
12. Karya Ilmiah Remaja(KIR)
- Kenaikan Kelas
Setiap mempunyai
standart sendiri-sendiri dalam menentukan seorang siswa berhak atau tinggal
kelas karena bila tidak diadakan standart
tentang kenaikan kelas mak akan terjadi kebingungan dalam menentukan
siswa tersebut berhak naik atau tinggal kelas. Selain itu apabila tidak ada
standart kenaikan kelas ditakutkan akan terjadi pilih kasih dalam menentukan
prose kenaikan kelas.
Demikian juga di
MTsN Tanjungtani mempunyai standart dalam menentukan seorang siswa berhak naik
atau tinggal kelas. Standart tersebut meliputi beberapa pertimbangan:
1. Prestasi akademisnya, apabila siswa
mendapatkan nilai kurang(K) lebih dari 2 mata pelajaran maka siswa tersebut
tidak dapat naik kelas.
2. Dilihat dari kedisiplinannya.
3. Dilihat dari keaktifannya dalam kelas.
- Bimbingan Dan Konseling
Bimbingan dan konseling
adalah layanan pemberian bimbingan dan pengarahan pada siswa tentang hal-hal
yang menunjang terhadap proses pembelajaran, baik secara langsung maupun tidak
aktif.
Untuk bimbingan
dab konseling(BK) di MTsN Tanjungtani sudah memiliki ruang sediri dan ruang itu
selalu setiap hari mulai jam masuk sekolah sampai jam pulang sekolah . jadi
setiap siswa yang mempunyai masalah atau ingin berkonsultasi bisa langsung
datang keruang BK, karena disana selalu ada guru BK yang bertugas dan selalu
siap membantu siswa dengan memberingan pengarahan dan pembinaan terhadap
saswa-siswa.
- Tata Tertib
Tata tertib adalah
merupakan kode etik atau peraturan yang harus dilaksanakan dengan tujuan
membantu keberhasilan siswa dalam pencapaian belajar.
Dalam usahanya
meningkatkan tata tertib dan kedisiplinan siswanya, MTsN Tanjugtani mempunyi
tata tertib dan petugas ketertiban dengan tujuan agar siswa benar-benar
disiplin sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.
Dan secara umum di MTsN Tanjungtani para
siswa sudah mentaati peraturan dan tata tertib sekolah dengan baik, dan jarang
ada siswa yang yang melanggar tata trtib dan peraturan tersebut. Jadi peraturan
dan tata tertib di MTsN Tanjungtani sudah berjalan dengan baik dan sudah sesuai
dengan tujuan pendidikan dan sudah sesuai dengan tujuan sekolah dan visi
sekolah..
BAB III
PERMASALAHAN DAN SOLUSI
A. Permasalahan
Setlah kami
melakukan pengamatan di MTsN Tanjungtani, dapat saya ambil permasalahan
mengenai tata tertib.
- Masih terdapat siswa yang melanggar tata tertib dan peraturan sekolah.
- Masih terdaptnya siswa yang masih terlambat.
B. Solusi
Dari
permasalahan tersebut maka dapat diberikan suatu solusi dari permasalahan
tersebut.
- Tata tertib yang berlaku lebih diperketat dan lebih dipertegas lagi sehingga siswa benar-benar tidak akan melanggar tata tertib tersebut.
- Untuk siswa yang terlambat, apabila ada siswa yang datng terlambat maka siswa tersebut disuruh menunggu diluar gerbang selama 1 jam pelajaran dan setelah itu baru boleh masuk.
- Apabila siswa masih datang terlambat maka langsung di suruh pulang dan boleh msuk apabila di antar orang tuanya dan di suruh buat surat pernyataan tidak akan terlambat lagi.
PRORPOSAL
Meningkatkan tata tertib siswa MTsN Tanjungtani
A. Pendahuluan
Dalam
pelaksanaan tata tertib di sekolah, maih terdapatnya pelanggaran-pelanggaran
yang terjadi yang dilakukan oleh siswa, hal ini menyebabkan tata tertib atau
aturan-aturan yang ada di sekolah tersebut tidak dapat berjalan secara
maksimal. Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di MTsN
Tanjungtani tentang menejemen kesiswaan
masih terdapatnya suatu permalahan yang perlu ditingkatkan lagi, yaitu mengenai
tata tertib siswa.
Maka dari itu
perlu diadaka suatu pemahaman lagi kepada semua pihak yang berhungan dengan
tata tertib sekolah dengan mengadakan musyawarah.
B. Dasar Pemikiran
Melihat
kenyataan di lapangan yang mana masih banyaknya siswa yang terlambat dan
membolos, jadi perlu adanya peningkatan dalam pelaksanaan peraturan dan tata
tertib sekolah.
C. Maksud dan Tujuan
1.
Membahas
tentang tata tertib
2.
Mempererat
tali silaturahmi antara sekolah dan wali murid.
D. Waktu dan Tempat
Kegiatan ini
akan dilaksanakan pada hari senin tanggal 21 desember 2009 yang bertempat di
Aula MTs Tanjungtani.
E. Acara dan Kegiatan
Dalam acara
ini akan dibahas mengenai upaya meningkatkan peraturan data dan tata tertib
siswa. Dan acara ini diikuti oleh pihak sekolah dan wali murid.
F. Panitia Kegiatan
1.
Penanggung
jawab : Drs. Moch.
Nurcholis
2.
Pembina : Drs.
Badruddin
3.
Ketua : Moh.
Hidayat, S.Pd.I
4.
Sekretaris : Mudi Adjuin,
S.Pd
5.
Bendahara : Nurul Hanani
6.
Seksi-seksi
a. Perlengkapan :
Yulianto
Nur Fita
b. Konsumsi : Beladina
Fauzan
c. Humas : Ali Mansur
Imam Rohudi
G. Penutup
Demikian
proposal kegiatan ini saya buat, dan untuk selanjutnya bisa kita laksanakan.
Dan semoga tujuan dari kegiatan ini dapat tercapai dan sesuai denagan harapan
kita bersama. Akhirnya, terima kasih saya ucapkan atas bantuan semua pihak yang
terkait, yang telah menyumbangkan tenaga, biaya, dan fikiran demi terlaksananya
kegiatan ini. Dan semoga Allah SWT memberikan yang terbaik untuk masyarakat
khususnya generasi muda dalam kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara.
Amin.
HALAMAN PENGESAHAN
Laporan hasil observasi ini telah diketahui dan
disahkan oleh kepala sekolah SDN IV Lerboyo.
Kediri, 22 Desember 2009
Mengethui
Kepala
sekolah SDN IV Lerboyo
Choiriyah
S.Pd
NIP.131034709
DAFTAR
ISI
Halaman
Judul.....................................................................................................................
Kata
Pengantar....................................................................................................................
Halaman
pengesahan...........................................................................................................
Daftar
Isi.............................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang .......................................................................................................
- Teknik Pengumpulan Data Informasi …………………………………………….
BAB II PEMBAHASAN
A.
Pengertian................................................................................................................
B.
Hasil observasi.........................................................................................................
BAB III PERMASALAN DAN SOLUSI
A.
PERMASALAHAN...............................................................................................
B.
SOLUSI..................................................................................................................
PROPOSAL
KEGIATAN..................................................................................................
LAMPIRAN.......................................................................................................................
MENEJEMEN
KESISWAAN MTsN TANJUNGTANI
Makalah
ini disusun untuk memenuhi
Salah
satu tugas mata kuliah “Filsafat Ilmu”
Dosen Pengampu :
Dra. Munifah, M.Pd
Disusun Oleh :
WILDAN A KHAWASI
9321 150 07
JURUSAN TARBIYAH PRODI PAI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) KEDIRI
2009
Tidak ada komentar:
Posting Komentar