Rabu, 07 Desember 2011

administrasi kesiswaan


BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Dalam suatu pendidikan akan dapat berjalan dengan maksimal apabila semua unsur-unsurnya saling mendukung. Unsur-unsur tersebut antara lain seperti kurikulim, pendidik, peserta didik, sarana dan prasarananya. Dalam hal ini penulis akan membahas nengenai kesiswaan.
Karena majemen kesiswaan merupakan suatu hal yang sangat penting guna pencapaian tujuan pendidikan di sekolah, sehingga memerlukan perhatian dan penanganan yang serius dari sekolah yang bersangkutan.
Dalam nanejemen kesiswaan ini banyak sekali bahasannya antara lain mulai dari perekrutan siawa baru, seleksi siawa baru, Masa Orientasi Siswa(MOS), pengelompokan kelas, OSIS, bimbingan dan konseling, dan kenaikan kelas.

B.     Teknik Pengumpulan Data Informasi
Untuk menggali data ini penulis menggunakan beberapa metode, yaitu:
  1. Metode Observasi
Melakukan pengamatan langsung terhadap kondisi kesiswaan yang ada di MTsN Tanjungtani.
  1. Metode Interview
Melakukan wawancara langsung kepada waka kesiswaan MTsN Tanjungtani, mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kesiswaan.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian 
Sebelum kita membahas lebih dalam tentang administrasi kesiswaan kita harus tau dengan pasti apa yang di maksud dengan administrasi kesiswaan yang sebenarnya.
Administrasi kesiswaan adalah merupakan suatu penataan atau pengaturan segala aktivitas yang berkaitan dengan siawa yaitu mulai dari masuknya siswa sampai dengan keluarnya siswa tersebut dari suatu sekolah atau suatu lembaga pendidikan. Dapat dijelaskan juga bahwa manadjemen adalah merupakan suatu proses penerimaan siswa mulai dari dari lulus untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.

B.     Hasil observasi lapngan
Berdasarkan hasil observasi dan interview yang dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2009, data yang saya peroleh tentang bagaimana kondisi kesiswaan yang ada di MTsN Tanjungtani, antara lain sebagai berikut:
  1. Rekruitmen.
Rekruitmen adalah proses perekrutan siswa dengan berbagai cara agar mendapatkan siswa yang banyak untuk diseleksi yang memenuhi standart lembaga tersebut. Ada beberapa metode yang digunakan oleh MTsN Tanjungtani dalam perekrutan siswa baru antara lain:
a.       Membagikan brosur ke sekolah-sekolah.
b.      Memasang sepanduk.
c.       Sosialisasi langsung, dan
d.      Melalui radio.
  1. Seleksi
Seleksi adalah suatu proses pemilihan atau penyatingan yang diadakan oleh pihak sekolah terhadap para calon siswa baru agar nendapatkan atau memperoleh siswa dengan nilai yang baik. Seleksi dapat dilaksakan melalui test tulis, wawancara ataupun praktek.
Untuk penyeleksian penerimaan siswa baru di MTsN Tanjungtani dilakukan melalui 2 jalur, yaitu unggulan dan regular.


a.       Unggulan
Untuk jalur unggulan ini penerimaan siswa dilihat dari nilai danun murni dan juga dilihat dari nilai akademis di sekolah asalnya yaitu nilai siswa mulai dari kelas 4 sampai kelas 6 minimal mendapatkan peringkat 1-3. untuk jalur unggulan ini hanya diambil 1 kelas.
b.      Regular
Untuk jalur reguler ini, seleksi dilakukan dengan 2 cara, yaitu:
1.      Dilihat dari danun murni
2.      Test, yaitu meliputi test tulis/test ilmu pengetahuan dan test lisan/membaca Al-Qur’an.
Sedangkan untuk jalur reguler ini hanya di ambil 7 kelas.
  1. Masa Orientasi Siswa (MOS)
Masa orientasi siswa (MOS) adalah pengenalan kepada siswa baru tentang hal-hal yang berkaitan dengan sekolah agar siswa mengenali dan memahami lembaga sekolahnya.
Di MTsN Tanjungtani masa orientasi siswa(MOS) di adakan selama 3 hari. Kegiatan ini dilaksanakan oleh panitia-panitia yang dibentuk oleh pihak sekolah sendiri. Dan bagi semua siswa baru diwajibkan untuk mengikuti kegiatan MOS tersebut. Dalam kegiatan ini siswa diberikan wawasan tentang sekolah barunya agar mereka benar-benar memahami tentang sekolahnya yang sekarang.
Hal-hal yang diperkenalkan kepada siswa baru pada saat MOS, antara lain:
a.       Memperkenalkan guru dan pimpinan.
b.       Memperkenalkan setaf-setaf.
c.       Memperkenalkan semua pengurus OSIS.
d.      Menjelaskan peraturan dan tata tertib sekolah.
e.       Menjelaskan tentang fasilitas yang ada disekolah.
f.       Menjelaskan visi dan misi sekolah.
Adapun tujuan diadakannya MOS di MTsN Tanjungtani adalah diharapkan siswa baru dapat mengenal lingkungan sekolah sehingga mereka memiliki rasa mencintai dan bangga dengan sekolahnya,dan dapat menjunjung tinggi dan membawa nama baik almamater dimanapun mereka berada.
  1. Visi, Misi, dan Tujuan
a.       Visi MTsN Tanjungtani adalah “Islami, Inggul, Berprestasi dan Berakhlaqul Karimah”(Islamic, Exelent, Smart, and Good Character)
b.      Misi MTsN Tanjungtani adalah
-          Menciptakan lembaga pendidikan yang islami dan berkualitas.
-          Meningkatkan profesionalisme dan keteladanan dalam menciptakan lingkungan yang kondusif.
-          Mengoptimalkan sarana dan prasarana.
-          Mengoptimalkan layanan peserta didik dalam upaya mengantarkan pendidik kejenjeng lebih tinggi.
c.       Tujuan sekolah adalah “Mencetak alumnus beriman, berakhlaq, bertaqwa, mulia, berprestasi, mampu bersaing yang lebih tinggi dan aktif serta kreatif dalam lingkungan hidup di tengah-tengah masyarakat.
  1. Jumlah Siswa
Untuk mengetahui jumlah siswa di MTsN Tanjungtani dapat kita lihat dan kita hitung dari jumlah kelasnya. Untuk kelas 1 berjumlah 7 kelas yang terdiri dari kelas A sampai kelas F, itupun termasuk kelas unggulan yang terdiri dari 1 kelas. Untuk kelas 2 berjumlah 9 kelas yang terdiri dari kelas A-kelas I. Sedangkan untuk kelas 3 berjumlah 7 kelas yang terdiri dari kelas A- kelas F.
No
siswa
Laki-laki
Prempuan
jumlah
1
2
3
Kelas 1
Kelas 2
Kelas 3
132
181
128
172
200
191
304
381
314
Jumlah
999

Jadi jumlah keseluruhan siswa MTaN Tanjungtani sebanyak 999 siswa.
  1. Pengelompokan Kelas.
Pengelompokan kelas adalah mengatur siswa dalam kelompok-kelompok sesuai dengan kebutuhan agar proses pembelajaran lebih aktif dan efisien. Pengelompokan kelas biasanya berdasarkan:
1.      Jenis kelamin
2.      Minat dan bakat
3.      Kecerdasan
Untuk pengelompokan kelas yang di lakukan MTsN Tanjungtani, sama halnya seperti yang di awal pada saat seleksi. Untuk kelas unggulan hanya diambil 1 kelas. Sedangkan untuk reguler pengelompokannya dilakukan melalui sistem acak, tidak dilihat dari nilai danunnya. Jadi dalam satu kelas akan terdapat anak yang kecerdasannya tinggi ndan ada yang sedang.  Dalam sistem acak ini juga diperhatikan keseimbangan antara laki-laki dan perempuan pada tiap kelasnya.
  1. Osis/Kegiatan Ekstra Kurikuler
Adalah kegiatan untuk menfasilitasi siswa unuk belajar berorganisasi dan mengembangkan potensi dan bakat yang dimiliki siswa .
Ekstra kurikuler yang di MTsN Tanjungtani, antara lain:
1.      Olahrga
a.       Bola Voli
b.      Sepkbola
c.       Beladiri
2.      Palang Merah Remaja(PMR)
3.      Pramuka
4.      Seni Musik
5.      Drum Band
6.      Rebana
7.      Seni Baca Qur’an
8.      Keputrian
9.      Bahasa Inggris
10.  Bahasa Arab
11.  Meading
12.  Karya Ilmiah Remaja(KIR)
  1. Kenaikan Kelas
Setiap mempunyai standart sendiri-sendiri dalam menentukan seorang siswa berhak atau tinggal kelas karena bila tidak diadakan standart  tentang kenaikan kelas mak akan terjadi kebingungan dalam menentukan siswa tersebut berhak naik atau tinggal kelas. Selain itu apabila tidak ada standart kenaikan kelas ditakutkan akan terjadi pilih kasih dalam menentukan prose kenaikan kelas.
Demikian juga di MTsN Tanjungtani mempunyai standart dalam menentukan seorang siswa berhak naik atau tinggal kelas. Standart tersebut meliputi beberapa pertimbangan:
1.      Prestasi akademisnya, apabila siswa mendapatkan nilai kurang(K) lebih dari 2 mata pelajaran maka siswa tersebut tidak dapat naik kelas.
2.      Dilihat dari kedisiplinannya.
3.      Dilihat dari keaktifannya dalam kelas.


  1. Bimbingan Dan Konseling
Bimbingan dan konseling adalah layanan pemberian bimbingan dan pengarahan pada siswa tentang hal-hal yang menunjang terhadap proses pembelajaran, baik secara langsung maupun tidak aktif.
Untuk bimbingan dab konseling(BK) di MTsN Tanjungtani sudah memiliki ruang sediri dan ruang itu selalu setiap hari mulai jam masuk sekolah sampai jam pulang sekolah . jadi setiap siswa yang mempunyai masalah atau ingin berkonsultasi bisa langsung datang keruang BK, karena disana selalu ada guru BK yang bertugas dan selalu siap membantu siswa dengan memberingan pengarahan dan pembinaan terhadap saswa-siswa.
  1. Tata Tertib
Tata tertib adalah merupakan kode etik atau peraturan yang harus dilaksanakan dengan tujuan membantu keberhasilan siswa dalam pencapaian belajar.
Dalam usahanya meningkatkan tata tertib dan kedisiplinan siswanya, MTsN Tanjugtani mempunyi tata tertib dan petugas ketertiban dengan tujuan agar siswa benar-benar disiplin sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.
      Dan secara umum di MTsN Tanjungtani para siswa sudah mentaati peraturan dan tata tertib sekolah dengan baik, dan jarang ada siswa yang yang melanggar tata trtib dan peraturan tersebut. Jadi peraturan dan tata tertib di MTsN Tanjungtani sudah berjalan dengan baik dan sudah sesuai dengan tujuan pendidikan dan sudah sesuai dengan tujuan sekolah dan visi sekolah..









BAB III
PERMASALAHAN DAN SOLUSI

A.    Permasalahan
Setlah kami melakukan pengamatan di MTsN Tanjungtani, dapat saya ambil permasalahan mengenai tata tertib.
  1. Masih terdapat siswa yang melanggar tata tertib dan peraturan sekolah.
  2. Masih terdaptnya siswa yang masih terlambat.

B.     Solusi
Dari permasalahan tersebut maka dapat diberikan suatu solusi dari permasalahan tersebut.
  1. Tata tertib yang berlaku lebih diperketat dan lebih dipertegas lagi sehingga siswa benar-benar tidak akan melanggar tata tertib tersebut.
  2. Untuk siswa yang terlambat, apabila ada siswa yang datng terlambat maka siswa tersebut disuruh menunggu diluar gerbang selama 1 jam pelajaran dan setelah itu baru boleh masuk.
  3. Apabila siswa masih datang terlambat maka langsung di suruh pulang dan boleh msuk apabila di antar orang tuanya dan di suruh buat surat pernyataan tidak akan terlambat lagi.

PRORPOSAL
Meningkatkan tata tertib siswa MTsN Tanjungtani

A.    Pendahuluan
Dalam pelaksanaan tata tertib di sekolah, maih terdapatnya pelanggaran-pelanggaran yang terjadi yang dilakukan oleh siswa, hal ini menyebabkan tata tertib atau aturan-aturan yang ada di sekolah tersebut tidak dapat berjalan secara maksimal. Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di MTsN Tanjungtani  tentang menejemen kesiswaan masih terdapatnya suatu permalahan yang perlu ditingkatkan lagi, yaitu mengenai tata tertib siswa.
Maka dari itu perlu diadaka suatu pemahaman lagi kepada semua pihak yang berhungan dengan tata tertib sekolah dengan mengadakan musyawarah.

B.     Dasar Pemikiran
Melihat kenyataan di lapangan yang mana masih banyaknya siswa yang terlambat dan membolos, jadi perlu adanya peningkatan dalam pelaksanaan peraturan dan tata tertib sekolah.

C.    Maksud dan Tujuan
1.      Membahas tentang tata tertib
2.      Mempererat tali silaturahmi antara sekolah dan wali murid.

D.    Waktu dan Tempat
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari senin tanggal 21 desember 2009 yang bertempat di Aula MTs Tanjungtani.

E.     Acara dan Kegiatan
Dalam acara ini akan dibahas mengenai upaya meningkatkan peraturan data dan tata tertib siswa. Dan acara ini diikuti oleh pihak sekolah dan wali murid.

F.     Panitia Kegiatan
1.      Penanggung jawab                  : Drs. Moch. Nurcholis
2.      Pembina                                  : Drs. Badruddin
3.      Ketua                                      : Moh. Hidayat, S.Pd.I
4.      Sekretaris                                : Mudi Adjuin, S.Pd
5.      Bendahara                               : Nurul Hanani
6.      Seksi-seksi
a.       Perlengkapan                     :  Yulianto
Nur Fita
b.      Konsumsi                          :  Beladina
Fauzan
c.       Humas                               :  Ali Mansur
Imam Rohudi

G.    Penutup
Demikian proposal kegiatan ini saya buat, dan untuk selanjutnya bisa kita laksanakan. Dan semoga tujuan dari kegiatan ini dapat tercapai dan sesuai denagan harapan kita bersama. Akhirnya, terima kasih saya ucapkan atas bantuan semua pihak yang terkait, yang telah menyumbangkan tenaga, biaya, dan fikiran demi terlaksananya kegiatan ini. Dan semoga Allah SWT memberikan yang terbaik untuk masyarakat khususnya generasi muda dalam kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara. Amin.




HALAMAN PENGESAHAN


Laporan hasil observasi ini telah diketahui dan disahkan oleh kepala sekolah SDN IV Lerboyo.







Kediri, 22 Desember 2009
Mengethui
Kepala sekolah SDN IV Lerboyo





Choiriyah S.Pd
NIP.131034709


DAFTAR ISI

Halaman Judul.....................................................................................................................
Kata Pengantar....................................................................................................................
Halaman pengesahan...........................................................................................................
Daftar Isi.............................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang .......................................................................................................
  1. Teknik Pengumpulan Data Informasi …………………………………………….
BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengertian................................................................................................................
B.     Hasil observasi.........................................................................................................
BAB III PERMASALAN DAN SOLUSI
A.    PERMASALAHAN...............................................................................................
B.     SOLUSI..................................................................................................................
PROPOSAL KEGIATAN..................................................................................................
LAMPIRAN.......................................................................................................................

MENEJEMEN KESISWAAN MTsN TANJUNGTANI

Makalah ini disusun untuk memenuhi
Salah satu tugas mata kuliah “Filsafat Ilmu


Dosen Pengampu :

Dra. Munifah, M.Pd



 







Disusun Oleh :

WILDAN A KHAWASI
9321 150 07

JURUSAN TARBIYAH PRODI PAI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) KEDIRI
2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar